Jumat, 26 November 2010

Adab Penuntut Ilmu

Menuntut Ilmu merupakan kewajiban yang disyariatkan bagi setiap muslim. Sehingga menuntut ilmu menjadi sangat penting, apalagi ibadah-ibadah dalam islam harus dilaksanakan dengan tata cara yang sudah disyariatkan oleh agama. Untuk mengetahui apa yang telah disyariatkan oleh agama dalam melaksanakan sesuatu diperlukan ilmu syariat.
Ustadz Satriawan Muhammad Anun As Sasakiy, Lc dalam bukunya Adab-Adab Islam menuliskan bahwa diantara adab-adab seorang penuntut ilmu diantaranya adalah:
  1. Ikhlas karena Alloh SWT. Rasulullah bersabda "Barang siapa yang belajar Ilmu yang dicari dengannya keridhaan Alloh, ia tidak mempelajari kecuali hanya untuk mendapatka materi duniawi semata, maka ia tidak akan mencium bau surga". (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ibu Hibban. Kata Imam Nawawi :"Sanadnya Shahih".
  2. Akhlak dan adab mulia.
  3. Menghindari hasad, ujub dan takabur.
  4. Mengambil ilmu sedikit demi sedikit, bab demi bab. Kalau sekaligus maka akan hilang dengan cepat, karenanya perlu dipelajari yang terpenting baru yang penting (prioritas).
  5. Menuntul Ilmu yang lebih dituntut untuk dipelajari, yang lebih dibutuhkan dan lebih bermanfaat baginya serta yang lebih dekat untuk meraih ridha Allah SWT.
  6. Mengamalkan wasiat Luqman kepada anaknya :"Nak! janganlah mendebat ulama sehingga engkau rendah di mata mereka dan menolakmu, dan janganlah mendepat orang bodoh, maka mereka akan berbuat jahil kepadamu dan mencacimu, namun rendah diri dan bersabarlah terhadap orang yang lebih tinggi dari kamu dalam masalah ilmu maupun yang lebih rendah".
  7. Tidak malu bertanya kepada gurunya maupun siapa saja dalam masalah ilmu yang belum dia ketahui atau fahami. Umar bin Khatab r.a berkata :"Barang siapa yang tipis mukanya(pemalu) maka tipis pula ilmunya". Imam Mujahid berkata:"Ada dua kelompaok yang tidak akan mendapatkan ilmu yaitu orang yang malu dan orang yang sombong". Imam Sufyan Ats Tsauri :" Di masa kami kalau ada orang yang menuntut ilmu, kami tahu dari kekhusyuannya, pandangannya, bicaranya, gerak geriknya, sholat dan kezuhudannya".
Wallahu A'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar